Seleksi CASN Kembali Hadir, Ini Tahapan Dan Formasi Yang Akan Dibuka

Sumber: Detik.com


KANAWAADVANCE.COM--Kabar gembira datang kembali bagi para penunggu setia Nomor Induk Pendidikan. Tahun ini pemerintah akan kembali membuka rekrutmen calon aparatur sipil negara atau CASN. Berdasarkan informasi yang beredar proses pendaftaran CPNS  2024 akan dibuka mulai Juni ini.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, seleksi penerimaan CASN pada 2024 terdiri dari dua formasi, yaitu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Seleksi tersebut terbuka bagi lulusan jenjang SMA/SMK/Sederajat, S1, S2, hingga S3 berbagai jurusan.

Baca juga: Tarian Toja Pala Bergema Menyambut Kedatangan Putri Bung Karno

Bagi lulusan SMA yang ingin mengikuti seleksi CPNS 2024, Anda bisa mengikuti tata cara pendaftaran lengkap di bawah ini yang dapat dijadikan sebagai panduan.

Pendaftaran seleksi CPNS 2024 baik lulusan SMA/SMK/Sederajat, SI, S2, ataupun S3 dilakukan secara online atau daring melalui portal resmi Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) di alamat website https://sscasn.bkn.go.id.

Tahapan seleksi CASN 2024

Jika berminat untuk mengikuti seleksi CPNS 2024, silakan mendaftar dan Anda akan melalui 6 tahapan berikut ini:

1. Seleksi Administrasi

Pendaftar harus melakukan registrasi di sscasn.bkn.go.id. Peserta harus membuat akun dengan menggunakan nomor induk kependudukan (NIK) dan mengunggah dokumen pendaftaran. Selain itu, dokumen harus diverifikasi terlebih dahulu.

Baca juga: Nasib Apes Menimpa Seorang Bapak di Soe NTT, Pencuri Sisahkan Tali dan Perut Sapi

2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Dalam SKD ini, CASN akan dihadapkan dengan sejumlah tes, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Wajib diingat, SKD dilaksanakan dalam durasi waktu 100 menit. Seluruh tes menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Peserta harus lulus dengan total nilai tertinggi atau berada di atas ambang batas tiap tes.

3. Seleksi Kompentensi Bidang (SKB)

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) adalah tes selanjutnya setelah SKD. Tes ini berasal dari instansi pembina jabatan. Mereka akan menyusun materi SKB dalam bidang jabatan fungsional.

Adapun, pelaksanaan materi SKB dapat berupa sebagai berikut:

a) Tes Potensi Akademik

b) Tes Praktik Kerja

c) Tes Bahasa Asing

d) Tes Fisik

e) Psikotes

4. Integrasi Nilai

Nilai SKD dan SKB akan dilakukan integrasi sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Integrasi nilai diambil dari perhitungan total SKD 40 persen ditambah total SKB 60 persen.

5. Pengumuman Kelulusan

Pengumuman kelulusan dapat di lihat di situs masing-masing kementerian dan instansi yang dilamar.

6. Pemberkasan

Peserta yang lulus wajib melengkapi dokumen sebagai berikut:

a) Surat Keterangan Catatan Kepolisian

b) Surat Pernyataan tidak terikat dengan instansi lain

c) Surat Pernyataan tidak terlibat partai politik

d) Surat Pernyataan bersedia ditempatkan dimana saja

e) Surat Keterangan sehat dari Rumah Sakit Pemerintah

f) Surat pernyataan bebas Narkoba

Formasi CPNS dan PPPK 2024

Mengutip laman resmi Kementerian PANRB, total persetujuan formasi CASN tahun 2024 ini sebanyak 1.289.824. Total formasi ini terbagi menjadi 427.650 untuk instansi pusat dan 862.174 untuk instansi daerah.

Formasi instansi pusat terbagi menjadi 130.414 untuk CPNS dan 297.236 untuk PPPK. Sedangkan untuk instansi daerah, 148.013 untuk formasi CPNS dan 714.161 untuk formasi PPPK.

Formasi CPNS dan PPPK 2024 di setiap instansi pemerintah berbeda-beda. Hingga Kamis 2 Mei 2024, terdapat 602 instansi pemerintah telah melakukan perincian ke dalam Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN).

Baca juga: Binus Publishing Terbitkan Buku Filsafat Solidaritas dari 2 Alumni IFTK Ledalero

Dalam data tersebut, terinci sebanyak 4 instansi belum membuat rincian formasi; 36 instansi sedang menyusun rincian formasi; 39 instansi telah selesai menyusun rincian formasi, namun belum mengajukan Digital Signature (DS) SPTJM oleh PPK; 371 instansi sedang dalam proses verval rincian formasi oleh BKN; dan 152 rincian usulan instansi yang telah selesai diverifikasi dan validasi oleh BKN dan/sedang menunggu Digital Signature (DS) Peraturan Teknis Kepala BKN.

Adapun beberapa instansi yang telah mengumumkan jumlah formasinya yakni sebagai berikut:

1. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Kemenhub telah mendapat persetujuan untuk membuka 18.017 posisi. Formasi tersebut terdiri atas calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), dengan rincian 1.385 CPNS Tenaga Teknis, 6 CPNS Tenaga Kesehatan, 16.543 PPPK Tenaga Teknis, dan 83 PPPK Tenaga Kesehatan.

Formasi tersebut akan fokus pada pada peningkatan kualitas layanan transportasi.

2. Kementerian Agama (Kemenag)

Kementerian Agama mengumumkan pembukaan formasi sejumlah 110.553 orang, terdiri dari 20.772 CPNS dan 89.781 PPPK. Formasi ini meliputi guru madrasah, guru SMK Kristen dan SMA Katolik, dosen PTN agama, penyuluh agama, penghulu, talenta digital, serta penempatan di IKN.

3. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek)

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan membuka 15.462 posisi CPNS dan 25.079 posisi PPPK. Formasi tersebut yang akan membantu menyelesaikan masalah tenaga pendidik honorer dan memenuhi kebutuhan SDM di perguruan tinggi serta penempatan di Ibu Kota Negara (IKN).

4. Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

Tahun 2024 Kementerian PUPR akan menerima 26.319 orang ASN dengan perincian 6.385 CPNS tenaga teknis, 3 orang CPNS tenaga kesehatan dan 19.931 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tenaga teknis.

5. Kementerian Sosial (Kemensos)

Untuk instansi Kementerian Sosial sendiri akan membuka formasi CASN, yakni sebanyak 40.839. Formasi tersebut terdiri dari 266 calon aparatur sipil negara (CASN) dan 40.573 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Secara terperinci, formasi tersebut direncanakan akan diisi oleh 125 CPNS Tenaga Teknis, 141 CPNS Tenaga Kesehatan, 40.508 PPPK Tenaga Teknis, dan 65 PPPK Tenaga Kesehatan.

6. Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

Kemenkes mendapat persetujuan dari PANRB untuk membuka formasi CASN 2024 sebanyak 23.200. Formasi itu terdiri dari 8.607 CPNS dan 14.593 PPPK.

Formasi yang dibuka Kemenkes ini nantinya akan ditempatkan di sejumlah kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Mereka akan bekerja di klinik-klinik kampus dan di pemerintahan daerah.

7. Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu)

Bawaslu akan menerima 18.557 posisi CASN, termasuk CPNS dan PPPK untuk posisi penting dalam mendukung kinerja lembaga tersebut.

Rinciannya 1.984 CPNS dan 16.573 PPPK, termasuk untuk formasi-formasi yang penting dalam mendukung kinerja Bawaslu seperti analis hukum, analis pengawasan, hingga auditor.

Demikian link pendaftaran CPNS 2024 untuk lulusan SMA lengkap dengan link, cara daftar, dan formasi yang dibuka. Semoga bermanfaat*

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak