Mahasiswa KKN-T FISIP UNWIRA bersama Yulius Suban Mengu, Petani Milenial Flotim Lakukan Sosialisasi Budidaya Ternak

 

KANAWAADVANCE.COM--Sosialisasi budidaya ternak ayam kampung dan ternak babi dalam meningkatkan ekonomi. Sosialisasi dilaksanakan di Desa Watoone Kecamatan Witihama Flores Timur oleh Mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) FISIP  UNWIRA Kupang dengan narasumber Yulius Suban Mengu petani milenial Flores timur dan baru-baru ini masuk Nominasi YEES dari Kementrian Pertanian, kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada Kamis, 16/05/2024 

Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang teknik berternak ayam kampung dan babi bagi masyarakat Desa Watoone Kecamatan  Witihama Kabupaten Flores Timur.

Dalam sosialisasi yang dilaksanakan Yulius Suban Mengu sebagai narasumber utama, menyampaikan beberapa hal penting terkait dengan teknik berternak ayam kampung dan babi, dalam beberapa keluhan dan masalah masyarakat Desa Watoone selama beternak ayam kampung dan babi baik dari teknik pemeliharaan dan cara mengatasi penyakit yang menyerang ayam kampung dan babi, tidak hanya itu Yulius Suban Mengu juga mengajak masyarakat Desa Watoone agar bisa menjadikan ternak ayam kampung dan babi sebagai lahan usaha dalam peningkatan ekonomi. Yulius Suban Mengu juga mengajak anak-anak muda juga memberikan peran aktif dalam bertani dan beternak, anak muda harus kembali ke kebun dan kandang serta meneregenerasi pola bertani dan berternak dengan sistem permakulture yang tidak meninggalkan sistem bertani dan berternak tradisional namun di kolaborasikan dengan sistem berternak dan bertani moderen yang berkelanjutan. 

Baca Juga: Ini Tanggapan Ketua Pansus LKPJ Bupati Nagekeo, Setelah Mendapat Penjelasan Pihak Bank Terkait Dana Deposito

Pada kesepatan itu juga salah satu masayarakat desa Watoone mama Yasinta Werena Tupen yang juga berternak babi dan ayam kampung sekaligus Ketua Koperasi Ina Senare, mengungkapkan bawah dirinya sangat mengapresiasi dan berterimakasih dengan adanya kegiatan sosialisasi semacam ini, meningkatkan pengetahuan yang lebih tentang teknik beternak ayam kampung dan babi. Mama Sinta Werena Tupen berharap bisa adanya kerja sama antara Yulius Suban Mengu dengan masyarakat dalam budidaya ayam kadiberikan. Saya juga sangat berterima kasih kepada Mahasiswa KKN-T FISIP UNWIRA yang mengfasilitasi kegiatan ini.

Setelah kegiatan sosialisasi Fransiskus Demon Koda Lamanele perwakilan dari Mahasiswa KKN-T sangat berterimakasih kepada masyarakat Watoone yang sangat antusias dalam sosialisasi yang diberikan.*

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak