Wonderkid Nagekeo Sisko Muda Kota Direkrut Klub Liga 1 Persikabo

Sisko Muda Kota.

KANAWA ADVANCE -- Pemain muda berbakat (wonderkid) asal Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT),  Fransisko Emanuel Muda Kota direkrut tim asal Kabupaten Bogor, Persikabo 1973.

Ini menjadi kebanggaan masyarakat Nagekeo karena untuk pertama kalinya dalam sejarah, pemain asal kabupaten di sentral Pulau Flores tersebut bermain di level tertinggi sepakbola nasional, Liga 1.

Sisko mengikuti jejak Frengky Missa yang didatangkan Persikabo 1973 dengan status pinjaman dari Persija Jakarta pada Juni 2023.

"Persikabo 1973 mendatangkan talenta muda berusia 21 tahun, Fransisko Emanuel Muda," tulis manajemen Persikabo 1973 di akun Instagramnya seperti dilihat Minggu (3/12).

Sisko adalah anak dari advokat senior asal Nagekeo, Romanus Muda Kota.

Melansir Enbe Indonesia, Sisko menempa bakatnya di tiga sekolah bola berbeda, yaitu SSB Kukusan, SSB Urakan Gedong, Jakarta, dan Blue Eagle SSB bersama Bagas Bagus (pemain Timnas) dan Supriyadi (pemain Persebaya).

Bersama Blue Eagle Sisko pernah menjuarai Piala Menpora DKI tahun 2016 dan sabet juara 3 Piala Menpora Nasional tahun itu juga. Tahun 2018, Sisko lolos seleksi untuk bermain di Thailand bersama Indonesian Football Academy Jakarta. 

Di saat yang bersamaan, pemain berambut ikal ini lolos seleksi administrasi dari Vamos Indonesia untuk ke Negeri Matador, Spanyol.

Setelah dibina di klub milik Maung Bandung dan beberapa klub di Jakarta, Sisko Muda Kota kemudian dilirik Aji Santoso yang terkenal memiliki kepiawaian dalam mengorbitkan pemain-pemain muda.

Aji Santoso menggantikan pelatih Tim Laskar Padjajaran, Aidil Sharin Sahak, yang mundur pada Juli 2023 karena urusan keluarga. Aji Santoso menahkodai Persikabo 1973 sejak Agustus 2023 selepas hengkang dari Persebaya Surabaya pada Agustus 2023.

Kedatangan Sisko ke klub yang bermarkas di Stadion Pakansari Bogor ini tentu mengejutkan publik sepakbola. Pasalnya Sisko belum pernah bermain di Liga 1 sehingga dianggap belum cukup mengenal atmosfer bermain di Liga 1.

Namun bakat dan prestasinya tak boleh dipandang sebelah mata. Di Jakarta dan Bandung, Sisko telah dikenal sebagai pemain berbakat dengan kemampuan di atas rata-rata.

Bermain sebagai gelandang serang, Sisko memiliki tendangan yang keras (powerfull).

Sisko masuk dalam daftar pemain Persikabo yang turun melawan Bhayangkara FC yang berlangsung pada Minggu (3/12), pukul 15.00 WIB di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat. Pertandingan kedua klub papan bawah Liga 1 ini berakhir imbang 2-2.*

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak