Yoris Nono Antar PSN Ngada Juara ETMC 2023 di Rote Ndao

PSN Ngada juara ETMC 2023.


KANAWA ADVANCE -- Megabintang PSN Ngada, Kristoforus Nono alias Yoris Nono berhasil mengantar timnya menjuarai El Tari Memorial Cup (ETMC) 2023 yang diselenggarakan di Kabupaten Rote Ndao.

Yoris Nono memastikan Laskar Jaramasi menggondol piala kenangan Gubernur NTT El Tari tersebut setelah berhasil menjebol gawang Bintang Timur Atambua dalam drama adu penalti di laga final ETMC 2023 yang digelar pada Sabtu (2/9) sore.

Tendangan kapten PSN Ngada tersebut menentukan Anak-Anak Inerie menang 4-3 atas klub milik politikus Partai Gerindra, Farry Francis tersebut.

Maju sebagai eksekutor terakhir, Yoris Nono menunjukkan kelasnya sebagai striker yang terbiasa mencetak gol di kotak penalti. 

Dengan santai namun terukur, striker berambut perak tersebut mengirim bola ke sisi kiri gawang yang membuat penjaga gawang BT Atambua terkecoh karena bergerak ke arah yang berlawanan.

Skor 4-3 untuk kemenangan PSN Ngada sehingga untuk satu tahun ke depan piala paling bergengsi di sepakbola NTT tersebut akan berdiam di kota dingin Bajawa selama satu tahun ke depan hingga ETMC 2024 di Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Selama pertandingan kedua tim bermain dengan skor kacamata (0-0), baik di waktu normal maupun babak ekstra time. Laga pamungkas tersebut akhirnya dilanjutkan dengan adu tos-tosan.

Satu algojo PSN Ngada gagal karena bolanya hanya membentur tiap gawang sisi kanan. Sedangkan dua algojo BT Atambua menenggelamkan mimpi anak-anak asal kabupaten perbatasan dengan Timor Leste tersebut karena bola keduanya melambung di atas mistar gawang Aspin Moi.

Dengan kemenangan ini, PSN Ngada menjadi tim paling banyak mengoleksi piala ETMC, yaitu sebanyak 8 kali. Ini sekaligus menobatkan tim asal Ngada tersebut sebagai "raja" sepakbola NTT.

Yoris Nono yang kembali dipanggil pelatih Kletus Gabhe setelah ETMC 2017 di Ende pun melengkapi koleksi gelarnya bersama PSN Ngada. Gagal di Liga Nusantara dan ETMC 2017, Yoris akhirnya merengkuh gelar bersama PSN Ngada di ETMC 2023.

Dengan usia yang sudah cukup matang di dunia sepakbola, striker asal Golewa tersebut berhasil memimpin adik-adiknya dengan baik meski ini bukanlah generasi emas PSN Ngada. Sempat diterpa masalah manajemen jelang ETMC 2023, Yoris tampaknya mampu mengelola konflik internal dan eksternal dengan baik sehingga adik-adiknya tampik apik di ETMC.

PSN Ngada pun hadir di ETMC 2023 bukan sebagai tim favorit juara. Karena dalam satu dekade terakhir cukup mengalami penurunan kualitas permainan. Perse Ende dan Persebata Lembata adalah dua tim favorit juara karena tampil bagus di ETMC terakhir.

PSN Ngada pun sempat kalah dari Persebata 0-2 di babak penyisihan sehingga melaju ke babak knock out sebagai runner up grup. Namun itu tidak membuat skuad Jaramasi kendur. Sebagai tim bermental juara, runner up ETMC 2017 ini pun mulai menunjukkan kelasnya sejak 16 besar.

Selamat untuk PSN Ngada. Teruslah berjuang untuk BT Atambua.*

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak